Visi Sekolah

Visi : "Terwujudnya lulusan yang BERIMAN, SEHAT, CERDAS, dan TERAMPIL dengan kepedulian dan berbudaya lingkungan"

Minggu, 29 Agustus 2010

Verifikasi Sekolah Adiwiyata

Kamis, 15 April 2010 memang hari yang mampu mendetakkan jantung warga SMPN 4 Martapura lebih keras dari hari-hari sebelumnya. Betapa tidak, sebagai satu-satunya sekolah di Kalimantan Selatan yang ditetapkan Kementerian Lingkungan Hidup menjadi nominator Sekolah Adiwiyata 2010 didatangi Tim Penilai Adiwiyata 2020 yang terdiri atas Ibu Jo Komaladewi (seorang Pejabat Tinggi di KLH), Bapak Hernindo (seorang Staf Ahli Mendiknas), dan Bapak Parus (Pejabat di PPLH Regional Kalimantan)untuk melakukan verifikasi melalui telaah dokumen, observasi, wawancara, cross check, bahkan diselingi dengan permintaan demonstrasi kegiatan sebagaimana yang dilaporkan dalam dokumen Adiwiyata SMPN 4 Martapura sebelumnya.

Sesaat sebelum Anggota Tim Penilai dari Jakarta mendarat di Syamsudinnor, Ir.Parus,M.Si berbincang-bincang dengan Kepala Dinas Pendidikan Kab.Banjar (Drs.H.M.Harus) dan Kabid Dikmen H.Bajuri,SE., M.Pd. tentang betapa selektifnya penetapan Sekolah Adiwiyata 2010 ini disertai semakin baiknya dan banyaknya saingan sekolah-sekolah di luar Kalimantan yang telah dan akan diverifikasi nanti mengharuskan SMPN 4 Martapura perlu berusaha ekstra keras untuk bisa meraih Trophy Adiwiyata 2010 tahun ini. Terbukti pula ujar Pak Parus, tahun 2010 ini seluruh wilayah Kalimantan hanya ada satu sekolah di Kaltim yang bisa masuk Calon Sekolah Adiwiyata 2010. Sementara, sekolah-sekolah di Kalsel, Kalteng, dan Kalbar yang ratusan sekolah mengirim berkas / dokumen Calon Adiwiyata 2010 masih belum bisa melewati nilai minimal 60, sehingga belum bisa dinominasikan sebagai Calon Adiwiyata 2010.

Kepala SMPN 4 Martapura, Drs. Muhammad Arsyad, M.Pd. saat mempresentasikan secara singkat Profil dan Laporan Adiwiyata 2009/2010 menyampaikan bahwa keempat aspek pengelolaan adiwiyata telah dilaksanakan sesuai kemampuan sekolah yang didukung oleh 16 Dinas / Badan / Instansi terkait di tingkat Kabupaten Banjar, seperti Badan Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, Dinas Kehutanan, Dinas Kebersihan & Pertamanan, Dinas PU, Badan Penyuluh, dan lain-lain. Aspek Kebijakan, Kurikulum, Kegiatan Partisipatif, dan Pengelolaan Sarana, selalu mengimplementasikan nilai-nilai pelestarian lingkungan hidup yang didasari nilai-nilai keagamaan. Bahkan di tahun 2011 nanti akan dikembangkan lagi kegiatan-kegiatan yang bersifat kemandirian dan kreatifitas warga sekolah secara lebih intensif dalam rangka menyongsong Adiwiyata Mandiri tahun 2012. Semua itu, kata Pak Arsyad menumbuhkan optimisme warga SMPN 4 Martapura untuk meraih Trophy Adiwiyata 2010 ini.
Di akhir penilaian, Bapak Hernindo selaku Tim Penilai menyampaikan salam khusus untuk seluruh siswa SMPN 4 Martapura, khususnya juga untuk Anggota EGP Drumband SMPN 4 Martapura dan Musik Panting "Sapaadingan" SMPN 4 Martapura yang menyambut beliau dan rombongan saat datang pada jam 09.30 WITA.
Salam kembali Pak, dari seluruh warga SMPN 4 Martapura. Semoga Bapak dan rombongan selamat kembali ke Jakarta bertugas seperti biasa. Terima kasih.-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar